Saturday 14 January 2017

Makharijul Huruf

No comments:

MAKHARIJUL HURUF (TEMPAT KELUAR HURUF)

Menurut ahli lughoh, jumlah huruf dalam bahasa Arab ada 28 huruf dan dijejerkan sebagai berikut:


Sedangkan menurut ulama qira'at, jejeran huruf tergantung makhraj (tempat keluar) hurufnya. Sebagian besar ulama qira'at berpendapat bahwa makharijul huruf ada tujuh belas (17) tempat dan terletak pada lima (5) mawdhi'. Kelima mawdhi' itu adalah:
1. Mawdhi' Al-Jawf (Makhraj yang terletak di rongga mulut)
2. Mawdhi' Al-Halq (Makhraj yang terletak di tenggorokan)
3. Mawdhi' Al-Lisaan (Makhraj yang terletak di lidah)
4. Mawdhi' Asy-Syafatain (Makhraj yang terletak di dua bibir)
5. Mawdhi' Al-Khoysyuum (Makhraj yang terletak di pangkal hidung)


Sekarang kita akan membahasnya satu per satu sesuai dengan urutan Mawdhi' nya.

A. Mawdhi' Al Jawf
Dalam Mawdhi' ini, makhrajnya ada di rongga mulut dan rongga tenggorokan; merupakan tempat keluar huruf mad, yaitu:alif ( ا ), wawu mati ( وْ ) dan ya mati ( يْ ).



B. Mawdhi' Al-Halq
Dalam Mawdhi' ini, terdapat tiga makhraj, yaitu:
- Pangkal tenggorokan (aqshol halqi); yang mendekati dada, merupakan tempat keluar huruf hamzah ( ء ) dan ha' ( ه )
- Tenggorokan tengah (wasathul halqi); adalah tempat keluarnya huruf ha ( ح ) dan 'ain ( ع )
- Ujung tenggorokan (adnal halqi); adalah tempat keluarnya huruf kho ( خ ) dan ghoin ( غ )


C. Mawdhi' Al-Lisaan
Dalam Mawdhi' ini ada 10 makhraj, diantaranya
- Pangkal lidah dengan langit-langit bagian dalam atau belakang; artinya pangkal lidah yang paling dekat dengan kerongkongan dihimpitkan ke langit-langit mulut bagian dalam atau belakang. Hurufnya yaitu Qof (ق).
- Pangkal lidah dengan langit-langit bagian dalam atau belakang agak keluar sedikit makhrajnya dari makhraj huruf Qof. Hurufnya adalah huruf Kaf (ك). Huruf Qof dan Kaf disebut juga huruf Lahawiyah ( لهويّة ), artinya huruf telak lidah atau anak mulut.
- Lidah bagian tengah atas dengan langit-langit yang ada tepat di atasnya. Huruf yang keluar yaitu Jim ( ج ), Syin ( ش ), dan ( ي ). Huruf ini disebut huruf Syajariyah ( شجريّة ), artinya huruf-huruf tengah lidah.
- Sisi atau tepi lidah bertemu dengan geraham atas; huruf yang keluar adalah huruf Dhod ( ض ). Huruf ini disebut juga dengan huruf Jambiyah (حنبيّة), artinya huruf tepi lidah.
- Lidah bagian depan setelah makhraj Dhod dengan gusi atas; hurufnya yaitu Lam (ل).
- Lidah bagian depan setelah makhraj Lam; yaitu huruf Nun (ن).
- Ujung lidah tepat dengan langit-langit atas setelah makhraj Nun; hurufnya yaitu Ro (ر). Huruf Lam, Nun dan Ro disebut juga huruf Dzalqiyah (ذلقية), artinya huruf sebangsa ujung lidah.
- Ujung lidah dengan gusi pangkal dua buah gigi seri atas; huruf-hurufnya adalah Ta (ت), Dal (د), dan Tho (ط). Tiga huruf ini disebut huruf Nath'iyah (نطغية), artinya huruf sebangsa kulit gusi atas.
- Ujung lidah dengan rongga antara gigi atas dengan gigi bawah, namun lebih dekat dengan gigi bawah; huruf-hurufnya yaitu Shod (ص), Sin (س), dan Zai (ز). Tiga huruf tersebut dikenal dengan huruf Asaliyah (أسلية), artinya huruf sebangsa runcing lidah
- Ujung lidah dengan ujung dua buah gigi seri depan atas; huruf yang keluar yaitu Tsa (ث), Dzal (ذ), dan Dzo  (ظ). Huruf-huruf tersebut dikenal dengan huruf Litsawiyah
(لثوية).



D. Mawdhi' Asy-Syafatain
Dalam Mawdhi' ini ada dua makhraj, antara lain:
- Makhraj bagian tengah dari bibir bawah bagian dalam dengan ujung dua buah gigi seri atas; hurufnya adalah Fa (ف).
- Kedua bibir atas dan bawah, untuk kedua bibir tertutup hurufnya adalah Ba (ب) dan Mim (م), sedangkan untuk kedua bibir membentuk bulatan hurufnya adalah Wawu
(و).



E. Mawdhi' Al-Khoysyuum
Hanya ada satu makhraj, ialah pangkal hidung, yaitu makraj yang terletak pada janur hidung. Jika kita menutup hidung saat melafadzkan huruf tersebut, maka tidak dapat terdengar. Adapun huruf-hurufnya adalah huruf ghunnah (dengung) Mim dan Nun, dengan persyaratan:
- Mim bertasydid (مّ) dan Nun bertasydid (نّ)
- Nun sukun yang dibaca idghom bighunnah, iqlab dan ikhfa haqiqi
- Mim suku yang bertemu dengan huruf Mim dan Ba  
Inilah tempat keluar (makhraj) huruf hijaiyah. Kita wajib mengetahui dan memahami seluruh makhrajnya, agar dapat mengeluarkan huruf dari tempat yang benar. 



No comments:

Post a Comment