Thursday 12 January 2017

Kurma, Penguat Hafalan Yang Ampuh

No comments:

KURMA, PENGUAT HAFALAN YANG AMPUH

Menjadi penghafal Al Quran tentunya merupakan keinginan setiap mukmin. Ditambah lagi bila mendengar berbagai keutamaan yang akan diterima oleh penghafal Al Quran baik di dunia maupun akhirat, rasanya jadi ingin cepat-cepat hafal 30 Juz. Tapi kenyataannya, menghafal Al Quran tidaklah semudah menghafal lagu. Butuh pengorbanan harta, jiwa, raga dan waktu. Banyak yang gagal di tengah jalan karena tidak sanggup bersabar.

Semua memang dasarnya tergantung tekad masing-masing. Namun, bermodal tekad saja tidaklah cukup loh. Butuh faktor pendorong dari luar diri. Salah satunya yaitu makan makanan yang dapat menambah atau memperkuat daya hafal. Banyak vitamin atau obat-obatan yang beredar di luar sana dengan berbagai macam merk dan harga. Tapi, tahukah sobat kalau ternyata Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sudah memberikan solusi makanan terbaik untuk penguat hafalan, yaitu buah kurma.

Bicara tentang kurma, pasti nuansanya identik dengan bulan Ramadhan, biasa kita temui saat santap sahur atau berbuka. Nah, ternyata kurma memiliki banyak manfaat. Dalam kitab Ta'lim Muta'alim dijelaskan bahwa buah kurma bisa membantu menguatkan daya hafal.

Kurma adalah buah yang memiliki banyak kandungan senyawa yang bagus. Sebanyak 89 mikrogram kurma bisa menyamai kandungan 200 gram buah segar. Mengkonsumsi kurma otomatis dapat mengurangi pendarahan. Kandungan zat besi dan tembaga di dalam kurma dapat mencegah anemia, serta solusi yang amat baik untuk membantu proses penyembuhan penderita Demam Berdarah atau yang biasa kita sebut DBD, karena ternyata kandungan kalsium, natrium, dan kaliumnya dapat membantu menjaga kestabilan darah.

Kurma juga mengandung serat. Mengkonsumsi kurma secara rutin dapat meningkatkan kadar kolestrol baik. Kurma juga dapat mengikat bahan kimia yang tidak terpakai dalam usus dan mencegah kanker usus. Memakan tujuh buah kurma dapat menangkal racun dan sihir. Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Sa'ad bin Abi Waqqash radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu tidak akan terkena racun dan sihir." [HR. Bukhari no. 5769 dan Muslim no. 2047]

Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani rahimahullah di dalam Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari cetakan Daar Abi Hayyan 1416 H menukil perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma ajwa; "Kurma Ajwa bermanfaat  untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri."

Kurma ajwa adalah salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah. Sering disebut juga dengan "kurma nabi". Bentuknya bagus, padat namun agak keras. Akan tetapi, kurma ajwa dikenal sebagai kurma yang paling lezat, harum dan juga empuk.

Selain buahnya, biji kurma juga dapat dimanfaatkan sebagai kopi, karena mengandung anti oksidan. Jadi tidak perlu khawatir kecanduan kopi hingga merusak tubuh. Solusi yang bagus untuk para pecinta kopi nih.

Nah, sekarang kembali lagi ke topik kita, hendaknya orang yang sedang proses menjadi hafizh mengetahui betapa pentingnya asupan baginya sehngga memudahkan jalannya agar mencapai tujuannya untuk menjadi hafizh, dan betapa bermanfaatnya buah kurma yang menjadi anjuran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera berburu buah kurma dan mengkonsumsinya!!! Kawan-kawan dapat mengunjungi web Berhijrah Store di http://berhijrahstore.blogspot.co.id/ untuk mendapatkan info atau order produk-produk kurma dengan harga yang terjangkau dan tentunya berkualitas.

No comments:

Post a Comment