Friday 30 December 2016

Tips Jitu Menghafal Al Quran

2 comments:

TIPS JITU HAFAL AL QURAN


Ketika seseorang baru menghafal Al Quran, biasanya inginnya instan alias cepat hafal dan cepat jadi hafizh. Tujuannya macam-macam, dan yang umum adalah agar bisa berbangga-bangga dengan status hafalannya.

Disinilah letak kesalahannya, mengapa banyak orang berguguran saat fase menghafal, lantaran niat awal yang salah. Maka, amat penting meluruskan niat menghafal Al Quran, bukan lantaran karena tujuan utamanya dunia, akan tetapi haruslah akhirat yang menjadi tujuan utamanya. Sedangkan berbagai kenikmatan yang diterima di dunia, anggaplah sebuah bonus dari Allah. Cintai Al Quran dengan sepenuh hati, seakan jika kehilangannya maka seperti kehilangan seorang kekasih, serasa dunia telah usai.

Ketika seseorang menghafal, seringkali tergesa-gesa. Hanya mengulang 4 hingga 5 kali, lalu merasa cukup dan langsung lanjut ke ayat atau surat berikutnya. Padahal inilah yang salah !!!

Kawan
Menghafal itu sebuah proses, bukan jual beli. Dan hendaklah sebuah proses itu dinikmati, diresapi dan dihayati. Rasakan hingga ayat-ayat itu menyatu dengan darah daging kita, dan tertancap kuat di hati. Jangan sekali-kali berpikir untuk mempercepat proses menghafal, karena jika demikian biasanya hafalan akan cepat hilangnya. Percuma jika cepat hafal namun cepat pula lupanya. Ketika diuji hafalan, maka buruklah hasilnya. Oleh karena itu, pentingnya menghayati hafalan,adalah hal yang harus dijalani. Jika Surah An Naba ada 40 ayat, maka untuk menghafalnya setidaknya habiskan waktu sebulan, sembari meresapi kandungan surat tersebut. Jangan malu menghafal satu hari satu ayat. Malu lah saat hafalan sudah 30 juz namun hanya 30 surat yang kita hafal dan mengerti maknanya.

Cari info dan pelajari tentang keutamaan menghafal dan membaca Al Quran, untuk menambah motivasi dalam diri. Saat kita mengulang-ulang bacaan untuk menghafalnya, maka pahala kita pun akan terus bertambah.

Menghafal itu ibarat menabung harta yang nilainya tak pernah berkurang. Layaknya menabung di Bank, seringkali ada bonus yang diberikan tunai oleh Allah di tengah prosesnya. Pencairan bonus yang diberikan Allah di dunia tidak mengurangi takaran bonus yang kita terima di akhirat kelak. Seringkali bonusnya luar biasa, dan biasanya sesuai dengan yang diminta. Yang ingin hutangnya lunas, ingin pendidikan yang tinggi, ingin kaya, atau bahkan ingin dapat jodoh dan ingin segera menikah, bisa minta sebagai bonus menghafal di dunia. Hal demikian boleh dilakukan, dan bukan bagian dari ketidak ikhlasan.

Yuk, dari sekarang kita mulai menghafal Al Quran, agar kelak kita dapat menjadi ahlul quran dan mendapat syafaat di akhirat dari Al Quran...

2 comments:

  1. Tahniah Akhy, semoga blog kelas Alquran ini bisa menjadi salah satu panduan dan motivasi pembaca untuk giat menghafalkan ayat-ayat Allah. Jazaakallaahu khoyro.

    ReplyDelete
  2. Fajazakallahu khoyro ustadz atas dukungannya. Mohon bimbingannya ustadz, jangan segan untuk memberi kritik dan koreksi ke saya jika ada kesalahan ustadz. Baarokallahu fiik.

    ReplyDelete