Saturday 11 February 2017

HUKUM NUN MATI DAN TANWIN (Part 1: Idzhar dan Iqlab)

No comments:






HUKUM NUN MATI DAN TANWIN
Yang dimaksud nun mati yaitu huruf nun yang bertanda sukun ( نْ). Sedangkan yang dimaksud dengan tanwin disini adalah fathahtain, kasrohtain dan dhommahtain.

Dalam ilmu tajwid, apabila nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah maka akan terbentuk suatu hukum. Disini para ulama membagi ke dalam 5 (lima) macam hukum bacaan nun mati dan tanwin, yaitu Idzhar, Idghom bighunnah, Idghom bilaghunnah, Iqlab dan Ikhfa.

A. IDZHAR HALQI


Idzhar adalah memisahkan antara dua huruf sambil menjauhkannya.

Ketika membaca idzhar, yang perlu diperhatikan adalah menampakkan (menunjukkan) dzat tanwin atau nun mati dan tidak melebihkan pada sukunnya.

Idzhar terjadi disebabkan makhraj nun dengan huruf idzhar yang merupakan huruf halq berkejauhan sehingga perlu jarak yang diberikan pada ucapan mereka karena nun merupakan huruf lisan (lidah) sedangkan huruf-huruf idzhar merupakan huruf halq (tenggorokan).

Derajat Idzhar ada tiga (3), yaitu:
1. 'Ulyaa: Bila setelah tanwin dan nun mati terdapat huruf ( أ) dan ( ھ)
2. Wusthoo: Bila setelah tanwin dan nun mati terdapat huruf (ع) dan (ح)
3. Adnaa: Bila setelah tanwin dan nun mati terdapat huruf (خ) dan (غ)

Hukum Idzhar: Ulama qiraat berittifaq pada empat (4) huruf pertama dari huruf Idzhar yaitu huruf ( أ) , ( ھ) , (ح) , (ع) , sementara untuk huruf (خ) dan (غ) kecuali Imam Jafar semua membaca dengan Idzhar sehingga hukum membaca dengan Idzhar adalah wajib, dikarenakan muttafaqun 'alaih.

Contoh bacaan Idzhar:

B. IQLAB



Iqlab adalah mengubah nun sakinah atau tanwin  menjadi mim yang murni (sempurna) dan memberikannya ikhfa yang disertai ghunnah di sisi ba.

Huruf Iqlab adalah ba . Apabila tanwin atau nun sakinah bertemu dengan huruf ba, hukumnya dibaca Iqlab.

Hal yang perlu diperhatikan sewaktu membaca Iqlab adalah:
1. Tanwin atau nun sakinah diubah menjadi mim yang khalis (murni)
2. Menyamarkan mim sebelum membaca ba

Sebab dilakukannya Iqlab adalah huruf ba dan mim makrajnya sama dan dari segi sifat jahr, istifal, infitah, dan idzlaq memiliki kesamaan. Selain itu mim dan nun juga memiliki kesamaan dari sifat ghunnah, jahr, tawasuth, istifal, dan infitah-nya. Ketika nun sakinah berada sebelum mim dikarenakan makhrajnya agak jauh, maka idgham antar mereka tidak dimungkinkan. Oleh karena itu nun sakinah perlu diubah menjadi mim saudara ba.

Catatan: dari segi bacaan Iqlab dan Ikhfa syafawi tidak ada banyak perbedaan.

Contoh bacaan Iqlab ialah:

No comments:

Post a Comment